ROCK MINISTRY MALANG - ROCK MINISTRY MALANG - ROCK MINISTRY MALANG - ROCK MINISTRY MALANG - ROCK MINISTRY MALANG - ROCK MINISTRY MALANG - ROCK MINISTRY MALANG - ROCK MINISTRY MALANG - ROCK MINISTRY MALANG - ROCK MINISTRY MALANG

Berkat Ganda

Menikmati kebaikan yang luar biasa merupakan dambaan semua orang, tetapi ternyata untuk menikmati kebaikan yang luar biasa di butuhkan perjuangan atau usaha. Arti menikmati sangat berbeda dengan kata kaya sebab kaya belum tentu bisa menikmati hasil kekayaannya. Tujuan utama anak-anak Tuhan bukanlah menjadi kaya, tetapi menikmati kebaikan Tuhan yang Tuhan sediakan dalam kehidupan ini. Karena ingin cepat kaya seringkali menjebak orang-orang kedalam perbuatan yang berdosa. Dari hal ini, menikmati hidup lebih penting daripada menjadi kaya tetapi mempunyai banyak masalah. Di dalam Amsal 10 : 22, dijelaskan "Berkat Tuhan-lah yang menjadikan kaya, susah payah tidak akan menambahinya,"

Semua orang percaya harus menikmati kebaikan Tuhan yang luar biasa. Kebaikan Tuhan secara umum dapat dinikmati oleh semua ciptaanNya, namun kebaikan yang luar biasa hanya dapat dinikmati oleh pribadi yang berkenan kepadaNya. Kebaikan umum yang kita ketahui adalah matahari. Tuhan menciptakan matahari agar bisa di nikmati oleh semua orang, tapi kebaikan yang luar biasa tidak semua orang sekalipun itu orang Kristen dapat menikmatinya, dan hanya orang yang hidup dalam kebenaran saja yang dapat menikmati kebaikan Tuhan. Kebaikan yang luar biasa dapat digambarkan seperti, jika kita datang ke tempat belanja, dan di sana di dapati ada promo beli 1 dapat 2, maka inilah kebaikan yang luar biasa yang bisa dikatakan juga sebagai berkat ganda.

Untuk menikmati berkat ganda kita harus banyak belajar dari pribadi seorang Salomo yang tergambar di dalam 1 Raja-Raja 3 : 5 – 14, dimana khusus pada ayat 12 – 14 yang menyebutkan “maka sesungguhnya Aku melakukan sesuai dengan permintaanmu itu, sesungguhnya Aku memberikan kepadamu hati yang penuh hikmat dan pengertian, sehingga sebelum engkau tidak ada seorangpun seperti engkau, dan sesudah engkau takkan bangkit seorangpun seperti engkau. Dan juga apa yang tidak kauminta Aku berikan kepadamu, baik kekayaan maupun kemuliaan, sehingga sepanjang umurmu takkan ada seorangpun seperti engkau di antara raja-raja. Dan jika engkau hidup menurut jalan yang Kutunjukkan dan tetap mengikuti segala ketetapan dan perintah-Ku, sama seperti ayahmu Daud, maka Aku akan memperpanjang umurmu." Dimana dari ayat tersebut dapat kita lihat bahwa Salomo menerima berkat ganda di saat bertemu dengan Tuhan, selain mendapatkan hikmat yang bisa menimbang dalam membedakan yang baik dan yang jahat, Salomo juga mendapatkan kekayaan, kemuliaan dan umur panjang.

Apa yang membuat Salomo menikmati berkat ganda?

1.      Mengormati perjanjian.
Seseorang akan menghormati perjanjian disaat dia tahu bahwa perjanjian yang di buat itu merupakan anugerah / kasih karunia, dimana didefinisikan sebagai pemberian Tuhan secara cuma-cuma dimana sebenarnya kita tidak layak menerima tetapi Tuhan berikan kepada kita. Perlu kita renungkan bahwa, siapakah kita di hadapan Tuhan sehingga Tuhan mengadakan perjanjian dengan kita dan melayakkan kita masuk dalam perjanjian melalui pengorbanan Tuhan Yesus di kayu salib. Salomo mengerti bahwa dia menjadi raja itu dikarenakan oleh kasih karunia, karena yang seharusnya menjadi raja adalah Adonia anak pertama sesudah Absalom, tetapi yang menjadi raja untuk menggantikan Daud adalah Salomo. Tanda orang yang menghormati hidup dengan benar terdapat di dalam Roma 11 : 27 “Dan inilah perjanjian-Ku dengan mereka, apabila Aku menghapuskan dosa mereka."

2.      Keputusan yang tepat.
Keputusan yang tepat adalah keputusan yang mengikut sertakan Tuhan di dalam segenap keputusan karena banyak yang harus kita putuskan tetapi tidak diajarkan di bangku sekolah dan banyak yang terjadi yang tidak pernah kita duga sebelumnya. Keputusan yang tepat adalah keputusan yang berdasarkan kebenaran, Salomo memutuskan meminta hikmat, karena itu memang kebutuhan utama dalam mengemban tugas kepemerintahannya untuk menghakimi bangsa Israel yang di pimpinnya. Di dalam Amsal 3 : 5 - 6 dinyatakan, “Percayalah kepada TUHAN dengan segenap hatimu, dan janganlah bersandar kepada pengertianmu sendiri. Akuilah Dia dalam segala lakumu, maka Ia akan meluruskan jalanmu”.

3.      Rajin dan cekatan.
Tidak ada keberhasilan melalui hidup yang malas tetapi hanya orang yang rajin, giat, cakap dan setia yang akan menikmati keberhasilan dan menikmatinya. Salomo mengerti benar hasil dari hidup rajin dan malas. Amsal 10 : 4 menyebutkan ”Tangan yang lamban membuat miskin, tetapi tangan orang rajin menjadikan kaya. Begitu juga di dalam Amsal 14 : 23 berkata, "Dalam tiap jerih payah ada keuntungan, tetapi kata-kata belaka mendatangkan kekurangan saja." Dan masih banyak lagi ayat-ayat dalam Amsal yang di tulis oleh Salomo tentang malas dan rajin. Ini membuktikan bahwa Salomo adalah Orang yang rajin sehingga dia menikmati kekayaan yang Tuhan berikan sampai terdengar ke luar dari bangsa Israel.

Masih banyak lagi kunci untuk menikmati berkat yang ganda tetapi sebagai dasar, kita harus belajar ketiga hal ini untuk dapat menerima berkat kebaikan yang Luar biasa yang Tuhan akan berikan kepada kita yaitu berkat ganda. Amin.