ROCK MINISTRY MALANG - ROCK MINISTRY MALANG - ROCK MINISTRY MALANG - ROCK MINISTRY MALANG - ROCK MINISTRY MALANG - ROCK MINISTRY MALANG - ROCK MINISTRY MALANG - ROCK MINISTRY MALANG - ROCK MINISTRY MALANG - ROCK MINISTRY MALANG

Jaminan Kebangkitan Kristus


Terdapat sebuah hubungan yang kuat antara berkat dan kematian Tuhan Yesus. Dijelaskan di dalam Ulangan 33 : 1 – 2, “Inilah berkat yang diberikan Musa, abdi Allah itu, kepada orang Israel sebelum ia mati. Berkatalah ia: "TUHAN datang dari Sinai dan terbit kepada mereka dari Seir; Ia tampak bersinar dari pegunungan Paran dan datang dari tengah-tengah puluhan ribu orang yang kudus; di sebelah kanan-Nya tampak kepada mereka api yang menyala.”
Ketiga pegunungan tersebut adalah Gunung Sinai, Pegunungan Seir dan Pegunungan Paran. Dalam bahasa aslinya memiliki arti sebagai berikut : Gunung Sinai = “Thorny” atau berduri, Gunung Seir = “Rough” atau kasar, dan Gunung Paran = “Place of Caverns” atau yang berarti goa-goa / lubang-lubang yang besar. 
Dari arti ketiga gunung tersebut sangat jelas menggambarkan kejadian Yesus mati di atas kayu salib bagi kita. Yesus sudah menanggung semua dosa dan kutuk kita. Ia dimahkotai dengan duri, tubuhnya kasar karena disesah dan dicambuk Lambung, tangan dan kakiNya berlubang. Yesus mati untuk menebus dosa manusia dan menggantikan kutuk menjadi berkat.
Tidak selamanya Ia mati, pada hari yang ke-3, Ia bangkit dari orang mati untuk menunjukkan bahwa Ia berkuasa atas maut.

Di dalam 1 Korintus 15 : 3 – 4 disebutkan “Sebab yang sangat penting telah kusampaikan kepadamu, yaitu apa yang telah kuterima sendiri, ialah bahwa Kristus telah mati karena dosa-dosa kita, sesuai dengan Kitab Suci, bahwa Ia telah dikuburkan, dan bahwa Ia telah dibangkitkan, pada hari yang ketiga, sesuai dengan Kitab Suci;”

Perayaan Paskah dan peringatan kebangkitan Tuhan Yesus jangan hanya sebagai “kesempatan bernostalgia” tentang cerita kebangkitan Tuhan.
Kalau kita percaya bahwa Tuhan Yesus bangkit dari kematianNya, maka keyakinan tersebut dan jaminannya harus membawa pengaruh dalam hidup kita.

Apakah dampak keyakinan dan jaminan bahwa Yesus telah bangkit dari kematian bagi kita ?
Terdapat 3 jaminan atas kita, yaitu :

1. Jaminan keTuhanan
Dengan adanya kebangkitan Yesus, maka kita memiliki jaminan KeTuhanan, karena Ia yang pertama bangkit dari kematian dan hidup untuk selamanya maka Yesus kita yakini adalah Tuhan.
Kematian adalah hal yang akan dialami oleh semua orang. Kalau kita sadar suatu saat semua manusia akan mati, marilah kita menyiapkan diri untuk hidup bagi Tuhan yang telah bangkit dan hidup untuk selamanya.
Walaupun manusia semuanya akan mati, tetapi ada satu pribadi yang telah mengalahkan maut, namaNya YESUS KRISTUS !

Yesus sebenarnya mati bukan Ia dibunuh orang Yahudi atau tentara Romawi. Yesus mati karena menyerahkan diri sebagai tebusan bagi umat manusia yg percaya kepadaNya
Yohanes 10 : 17 – 18 “Bapa mengasihi Aku, oleh karena Aku memberikan nyawa-Ku untuk menerimanya kembali. Tidak seorangpun mengambilnya dari pada-Ku, melainkan Aku memberikannya menurut kehendak-Ku sendiri. Aku berkuasa memberikannya dan berkuasa mengambilnya kembali. Inilah tugas yang Kuterima dari Bapa-Ku."

2. Jaminan Keselamatan
1 Kor 15 : 17-20
17 Dan jika Kristus tidak dibangkitkan, maka sia-sialah kepercayaan kamu dan      kamu masih hidup dalam dosamu.
18 Demikianlah binasa juga orang-orang yang mati dalam Kristus.
19 Jikalau kita hanya dalam hidup ini saja menaruh pengharapan pada Kristus, maka kita adalah orang-orang yang paling malang dari segala manusia.
20. Tetapi yang benar ialah, bahwa Kristus telah dibangkitkan dari antara orang mati, sebagai yang sulung dari orang-orang yang telah meninggal.
Kalau Kristus tidak dibangkitkan, maka percuma kita menjadi orang percaya, sebab tidak ada penebusan dosa yang artinya tidak ada keselamatan.
Tetapi Firman Tuhan berkata yang BENAR ialah, bahwa Kristus telah dibangkitkan dari antara orang mati, berarti ada jaminan keselamatan di dalam nama YESUS KRISTUS.

Kapan jaminan keselamatan itu tetap berlaku ?
Filipi 2 : 12 , “Hai saudara-saudaraku yang kekasih, kamu senantiasa taat; karena itu tetaplah kerjakan keselamatanmu dengan takut dan gentar, bukan saja seperti waktu aku masih hadir, tetapi terlebih pula sekarang waktu aku tidak hadir,”
Kata ”kerjakan keselamatanmu” dalam bahasa Inggrisnya adalah work out your own salvation yang lebih bermakna menyelesaikan dengan bekerja keras atas keselamatan yang telah dijamin oleh Tuhan, yang sebenarnya sama dengan nasehat untuk hidup sesuai dengan status kita sebagai orang-orang percaya yang sudah diselamatkan, yaitu hidup sesuai Firman Tuhan.

3. Jaminan Kebangkitan Tubuh
1 Korintus 15 : 22 - 23
22 Karena sama seperti semua orang mati dalam persekutuan dengan Adam, demikian pula semua orang akan dihidupkan kembali dalam persekutuan dengan Kristus.
23 Tetapi tiap-tiap orang menurut urutannya: Kristus sebagai buah sulung; sesudah itu mereka yang menjadi milik-Nya pada waktu kedatangan-Nya.
Sangat jelas bahwa kebangkitan Kristus adalah JAMINAN bagi kebangkitan kita. Yesus Kristus dibangkitkan secara tubuh dari antara orang mati. Pada waktu kedatangan-Nya kembali, Ia akan membangkitkan semua orang yang telah diselamatkan untuk menerima kemuliaan yang kekal.
Oleh sebab itu Paulus memberi nasehat kepada jemaat di Korintus sambil menantikan waktu itu tiba supaya mereka berdiri teguh (stedfast=setia), jangan goyah dan bekerja untuk Tuhan dengan sungguh-sungguh sehingga tetap berada dalam jaminan kebangkitan Yesus.
1 Korintus 15 : 58
Karena itu, saudara-saudaraku yang kekasih, berdirilah teguh, jangan goyah, dan giatlah selalu dalam pekerjaan Tuhan! Sebab kamu tahu, bahwa dalam persekutuan dengan Tuhan jerih payahmu tidak sia-sia.